Rabu, 11 Januari 2012

Posisi Tidur Mempengaruhi Suasana Hati

Ingin mendapatkan suasana yang baik sepanjang hari? Sangat mudah, hanya tidur di sisi kiri tempat tidur Anda. Menurut Daily Mail, sebuah penelitian yang dilakukan oleh “Premier Inn” menunjukkan bahwa posisi tidur dapat memengaruhi suasana hati Anda sepanjang hari.

Suasana hati mereka yang tidur di sebelah kiri juga menjelaskan mengapa lebih dari separuh responden menolak untuk menukarposisi dengan pasangan mereka.Dua-pertiga dari mereka yang tidur di sebelah kiri merasa lebih tenang dibandingkan pasangan mereka saat menghadapi krisis.Mereka juga cenderung lebih percaya diri, dan untuk ini, mereka lebih cenderung memiliki pekerjaan tetap



Tidur dengan posisi yang tepat, bukan hanya bikin kamu merasa nyaman saat tidur, tapi juga bisa mencegah kamu terbangun dengan kondisi sakit pinggang atau merasa kaku di bagian leher.

Beberapa posisi tidur ini :


  • Tidur menyamping. Tidurlah dengan posisi menyamping ke kanan. Pastikan posisi leher dan tulang belakang sejajar. Letakkan guling di antara kaki dan tekuklah kaki sedikit mendekati dada. Guling akan menopang lutut dan tekanan pada punggung akan berkurang. Tidur menyamping juga bisa meminimalisir terjadinya osteoarthritis (persendian susah digerakkan) dan sakit pada tulang belakang atau panggul.
  • Tidur telentang. Sangat baik kalau kamu sering menderita sakit punggung. Akan lebih baik kalau ditaruh bantal di bawah lutut untuk menjaga lengkungan tulang belakang tetap natural. Posisi ini juga bisa menghilangkan lelah pada punggung.
  • Tidur tengkurap. Posisi ini kurang baik. Tapi, kalau ternyata kamu merasa nyaman dengan posisi tidur seperti ini, lebih baik memakai bantal kecil atau nggak menggunakan bantal sama sekali.
  • Tidur menyamping. Tidur dengan posisi menyamping ke kiri akan menyebabkan stres pada organ-organ vital (hati, perut, dan paru-paru). Selain itu, posisi kaki yang terlalu ditekuk mendekati dada pun akan menyebabkan sakit pinggang dan punggung ketika bangun.
  • Tidur telentang. Jika tidur dalam posisi ini, bantal yang diletakkan di bawah lutut nggak boleh terlalu tinggi dan harus mempunyai ketebalan yang tepat untuk menyamakan antara permukaan kasur dengan badan.
  • Tidur tengkurap. Memakai bantal tebal pada posisi ini, akan menyebabkan tidur kamu jadi nggak nyaman bahkan mungkin mengalami sakit leher saat bangun pagi. Selain itu bantal yang tebal juga akan membuatmu sulit bernapas.

Sebuah penelitian baru-baru ini menyatakan, mereka yang memiliki kecenderungan untuk tidur di kasursebelah kiri akan tampak lebih bahagia dibanding pasangan mereka yang tidur di sebelah kanan. Penelitian yang melibatkan tiga ribu orang responden menemukan bahwa mereka yang tidur di sebelah kiri umumnya lebih optimis, positif minded, dan mampu menangani beban pekerjaan dan stress di sepanjang hari.

Lebih dari seperempat responden yang tidur di sisi kiri kasur merasa memiliki pemikiran positif terhadap kehidupan secara umum. Sementara itu, hanya 18 persen responden yang tidur di sebelah kananmerasakan hal yang sama. Suasana hati mereka yang tidur di sebelah kiri juga menjelaskan mengapa lebih dari separuh responden menolak untuk menukarposisi dengan pasangan mereka.

Dua-pertiga dari mereka yang tidur di sebelah kiri merasa lebih tenang dibandingkan pasangan merekasaat menghadapi krisis. Mereka juga cenderung lebih percaya diri, dan untuk ini, mereka lebihcenderung memiliki pekerjaan tetap.

Selain itu, 31 persen responden yang tidur di sebelah kiri mencintai pekerjaan mereka daripada mereka yang tidur di sebelah kanan yang hanya sebesar 18 persen. Namun demikian tidak semua itu buruk. Mereka yang tidur di sisi kanan cenderung untuk mendapatkan lebih banyak dari kehidupan mereka daripada pasangan mereka.

“Studi ini jelas menunjukkan pola antara tempat tidur dan suasana hati saat terjaga. Jadi memang benar,jika pepatah bilang bahwa keluar dari tempat tidur dalam posisi yang salah,“ujar Claire Haigh, jurubicarauntuk Premier Inn.

0 komentar:

Posting Komentar